Call Us at : (061)415-2700, 414-5700

Facebook Logikreasi Utama  Twitter Logikreasi Utama  

Mengenal DICOM

  • PDF
AddThis Social Bookmark Button

DICOM (Digital Imaging dan Communications in Medicine) adalah standar untuk penanganan, menyimpan, mencetak, dan mengirimkan informasi dalam pencitraan medis. Pencitraan medis ini dapat berupa hasil rekam medis dari peralatan medis, seperti : Rontgen / Sinar X, CT-Scan ( Computed Tomograpy), USG ( Ultra Sono Graphy ), juga pencatatan sinyal, grafik dan data dari Peralatan di ruang ICU ( Intensif Care Unit ) , juga data-data pasien , dalam satu file. DICOM telah diadopsi secara luas oleh rumah sakit, seperti penggunaan oleh dokter gigi dan kantor praktek dokter.

DICOM Simulation adalah sebuah teknik penggambaran citra DICOM secara visual , seperti pada Monitor, Proyektor dan juga Printer.

Gambar yg dihasilkan berupa gambar dengan 16 gradasi warna greyscale yang akurat, sehingga para medis dapat memberi diagnosa berdasarkan perbedaan warna gambar yg terlihat.

Tidak semua Proyektor dapat menampilkan gambar DICOM secara benar dan sesuai dengan standar DICOM.

Kesalahan dalam menampilkan warna berakibat hasil diagnosa yg salah dari tenaga medis, dan mengakibatkan penanganan medis yg salah bagi pasien, sehingga dapat membahayakan keselamatan pasien.

Sehingga dibutuhkan Proyektor yang mempunyai fitur DICOM Simulation untuk menampilkan file-file DICOM, sehingga gambar yang dihasilkan menhasilkan warna yg benar dan sesuai dengan standar DICOM.

Add comment


Security code
Refresh

You are here Home