Call Us at : (061)415-2700, 414-5700

Facebook Logikreasi Utama  Twitter Logikreasi Utama  

Kecanduan Internet dan Game, Indikasi Terkena NetBrain

  • PDF
AddThis Social Bookmark Button

Kecanduan Internet dan Game, Indikasi Terkena NetBrain

Dari 182 juta orang, 11 persen terkena penyakit ini.
Senin, 12 Januari 2015 09:11
Oleh : Siti Sarifah Alia
ilustrasi (iStock)

VIVAnews - Peneliti menemukan, di seluruh dunia, ada sekitar 182 juta orang kecanduan menggunakan internet. Sebuah penyakit yang berhubungan dengan kecanduan ini pun disebut sebagai NetBRain.

Menurut ilmuwan, NetBrain merupakan penyakit teknologi pada manusia, yang sampai pada tahap menimbulkan perilaku narsis, perhatian yang kurang, dan ketakutan terhadap ketertinggalan. Orang-orang seperti ini biasanya suka berjudi online, menggunakan jejaring sosial, situs game, dan aplikasi secara reguler.

Yang mengejutkan, orang-orang dengan smartphone terindikasi tiga kali lebih kuat terkena NetBrain ketimbang mereka yang tidak menggunakannya. Penyakit ini ditemukan oleh para periset VisualDNA yang berbasis di London. Dengan dukungan psikolog Dr. Tomas Chamorro-Premuzic dari University College London. 

Tim psikolog itu menganalisis perilaku pengguna ponsel dan internet dari 1.000 orang dewasa. Mereka menemukan 11 persen atau 5,7 juta orang dewasa di Inggris menderita NetBrain.

Studi itu juga menunjukkan jika mereka yang menderita NetBrain cenderung anti-sosial, masih tetap menggunakan ponselnya meskipun sedang bersama teman.

"Riset ini memberikan bukti dan pandangan terhadap perkembangan sosial dan efek dari teknologi bagi individual. Wabah NetBrain telah menyebar. Efek paling parah akan mencakup kehidupan dalam keluarga, di mana pekerjaan seseorang akan tercampur dengan kehidupan berkeluarga," ujar Chamorro, dikutip dari Daily Mail, Senin 12 Januari 2015. (art)

Last Updated on Monday, 12 January 2015 10:17

Add comment


Security code
Refresh

You are here Home