Call Us at : (061)415-2700, 414-5700

Facebook Logikreasi Utama  Twitter Logikreasi Utama  

Menengok Kemegahan Markas Besar Canon di Jepang

  • PDF
AddThis Social Bookmark Button

Menengok Kemegahan Markas Besar Canon di Jepang

Menengok Kemegahan Markas Besar Canon di Jepang

TOKYO - Berdiri sejak 1934, Canon kamera pertama kali diperkenalkan ke publik oleh sang pendiri Goro Yoshida. Lahan luas puluhan hektare menjadi cikal bakal sukses Canon menjadi perusahaan kamera terbesar di Jepang.

Kemegahan kantor Canon terlihat dari kejauhan di jalan utama kota Tokyo. Terdapat delapan gedung besar di area komplek heaquarter Canon Inc.

Ketika memasuki komplek tersebut, Okezone.com yang mendapat kesempatan berkunjung ke markas besar Canon, tidak ingin menyia-nyiakan momentum bagus untuk menjelajahi perkantoran yang sangat rapi dan tertib. Itulah negara Jepang dengan segala kedisiplinannya.

 

Saat tiba, Okezone dan rombongan dihadapkan dengan pemandangan karyawan yang tengah sibuk bekerja, tidak ada yang santai-santai, nongkrong apalagi merokok.

Ironisnya, kantor puluhan hektare dengan 8 gedung besar itu, sepi dari antrean mobil ataupun motor yang parkir di komplek kantor Canon. Semua terlihat karyawan berjalan kaki, bahkan tidak sedikit yang menggunakan sepeda sebagai transportasi mereka menuju tempat bekerja.

Bahkan, para manager hingga direktur tidak sungkan memilih menggunakan kendaraan umum jenis trem, monorail atau kereta, ketimbang harus naik kendaraan pribadi. Selain itu memang ada larangan bagi karyawan level staf untuk membawa kendaraan pribadi.

Ketika memasuki ruang utama, Okezone diperkenalkan secara langsung oleh para pimpinan tertinggi Canon Inc. Disambut para karyawan yang sudah siap dengan informasi yang akan disajikan.

Pertama kali, Okezone memasuki ruangan Canon Gallery. Tempat tersebut menjadi saksi sejarah awal berdirinya kantor kamera Canon dengan puluhan produk yang dihasilkan.

Bukan hanya kamera, bahkan sejumlah produk teknologi yang pertama kali diciptakan Canon pun ada, seperti kalkulator, mesin foto copy, printer dan lainnya.

 

Dihadapkan pada cuaca dingin yang mencapai 3-5 derajat celcius, Okezone hadir bersama lima media nasional di Indonesia, juga 27 wartawan dari perwakilan negara Asia lainnya seperti Pakistan, Srilanka, Kamboja, dan Vietnam.

Hisako Kobayashi yang merupakan staf Canon Gallery dengan sabar menjawab pertanyaan wartawan yang penasaran akan produk-produk Canon dari yang sudah usang hingga yang sudah dirancang dengan teknologi canggih.

Sejarah Kamera Canon

Secara gamblang, wanita berambut lurus itu menjelaskan ringkas sejarah awal diciptakannya kamera Canon untuk kali pertama. Menurutnya, kamera Canon berawal dari prototipe yang awalnya dinamakan kamera Kwanon pada tahun 1934 oleh sang pendiri Goro Yoshida.

Yoshida memberi nama Kwanon, memiliki alasan yang artinya Dewi Welas Asih Buddha. Sementara lensa yang melekat pada kamera itu disebut Kasyapa - diambil dari nama Mahakasyapa - seorang murid Buddha.

Namun, seiring perkembangan, Yoshida mengubah nama Kwanon menjadi lebih ringkas dan mudah diingat, yakni Canon, yang hingga kini dikenal sebagai merek ternama di dunia.

 

"Nama Kwanon diganti menjadi Canon pada tahun 1935 dengan tujuan agar lebih mudah diucapkan. Itu saja," kata Hisako.

Pada tahun itu juga, setelah nama berganti, Canon meluncurkan model kamera film 35mm pertama yang disebut Hansa, dilengkapi dengan rana focal-plane.

Setelah itu, Canon mengembangkan teknologi kamera film 35mm pertama dengan indirect x-ray. Lalu pada 1949, Canon merilis kamera film 35mm yang dilengkapi three-mode optical viewfinder.

Beranjak dari kamera, tak selesai sampai disitu, Hisako menggiring para wartawan untuk melihat alat cetak film pertama yang dirancang oleh Canon. Selain ada juga mesin fotocopy pertama dengan seri NP-1100, dibuat tahun 1959. Kalkulator pertama Canon, dibuat tahun 1974 dengan bentuk yang sangat besar dan teknologinya belum secanggih sekarang ini.

Usai membekali para wartawan dengan pengetahuan awal kali pertama Canon membuat kamera, Hisako memahami betul bagaimana kehebatan kamera Canon terbaru yang dirancang dengan teknologi mutakhir.

Bahkan kini, Canon yang sudah menelurkan puluhan produk kamera dan alat-alat kantor lainnya menjadi raja di negeri sendiri dan bahkan di dunia internasional nama Canon begitu kental sekali, termasuk Indonesia.

Sumber. www.okezone.com

Last Updated on Friday, 13 February 2015 11:00

Add comment


Security code
Refresh

You are here Home