Call Us at : (061)415-2700, 414-5700

Facebook Logikreasi Utama  Twitter Logikreasi Utama  

Ini Tantangan Penerapan Jaringan 5G

  • PDF
AddThis Social Bookmark Button

Ini Tantangan Penerapan Jaringan 5G

Dalam lima tahun ke depan, jaringan 5G diharapkan sudah meluncur. Saat ini terjadi, teknologi 5G akan menjadi standar nirkabel yang mendukung kemunculan inovasi-inovasi baru melalui dukungan konektivitas internet berkecepatan tinggi.

"5G adalah sesuatu untuk menghubungkan masyarakat di 2020. Ini platform yang melingkupi banyak aplikasi, tidak hanya ponsel mobile," ungkap Yoshio Honda, Chairman of EBC Telecommunications Equipment Committee, seperti dilansir Japantoday.

Tujuan dari munculnya jaringan 5G ialah tidak melulu soal internet berkecepatan tinggi, tetapi menciptakan standar yang membuat banyak perangkat dapat terhubung. Tidak hanya itu, reliabilitas juga perlu diperhatikan, meningkatkan kemampuan baterai serta memasang lebih banyak infrastruktur.

Sementara itu, teknisi dan regulator sedang bekerja mengatur spektrum nirkabel untuk mendukung jaringan telekomunikasi yang mendukung banyaknya perangkat mobile. Ini adalah tantangan yang perlu diselesaikan sekarang,

International Telecommunication Union alias ITU, sebuah organisasi yang meregulasi sistem radio dan telekomunikasi tingkat internasional, menilai, sistem jaringan komunikasi masa depan berbasis 5G akan memiliki kecepatan akses hingga 20 Gbps. Hal itu disampaikan dalam konferensi yang dihelat oleh ITU pada 10-12 Juni lalu.

Sebanyak 12 orang delegasi yang tergabung dalam acara itu menjabarkan spesifikasi dan kemampuan yang akan dibawa oleh jaringan 5G di masa depan nanti. Sebagai catatan, akses 20 Gbps merupakan kecepatan maksimal yang mampu dicapai oleh jaringan 5G secara teoritis.

Realitanya, dimungkinkan 5G akan mencapai kecepatan puncak dengan skala yang lebih rendah. Saat ini, standar LTE tercepat adalah jaringan LTE Cat 9, yang menyediakan kecepatan maksimal hingga 300 Mbps. Itu pun masih jauh dari kecepatan secara teoritis yang mampu dicapai oleh jaringan 4G yakni 1 Gbps.

Sumber: (www.okezone.com)

Last Updated on Tuesday, 11 August 2015 10:36

Add comment


Security code
Refresh

You are here Home